Pencarian

TIPS MEMBUAT NASKAH LIVE REPORT YANG BAIK

Andi Tri Santoso
BLOGGER INDONESIA

Hai future news anchor, Apaka kabar hari ini? selamat datang kembali di blog mimin ya. Nah di edisi kali ini, karena ada yang request tentang cara buat Live report yang baik itu kaya gimanasi, jadi mimin akan memberikan beberapa tips untuk kalian yang ingin membuat naskah live report, baik itu untuk latihan untuk persiapan kompetisi atau di momen kompetisi itu sendiri. Baiklah, yuk kita simak tipsnya..

1. Buat Naskah SPJ (Singkat Padat Jelas)
Jadi ketika kita membuat naskah live report, pastikan kita udah mencakup unsur berita itu sendiri yaitu  5W+1H.  Sebenernya ketika dikompetisi itu, kadang kita terlalu sibuk untuk mencari apa apa yang harus disampaikan tanpa memikirkan unsur berita tersebut, yang mana pada kenyataannya malah banyak yang waaktunya habis karena hal ini. Jadi, penting untuk kita memahami unsur 5W+1H dalam menulis isi Live Report yang akan kita bawakan.


Sebelum kita bahas tips selanjutnya, mungkin sekarang kalian masih ada yang bingung tentang apa sih bedanya Newsreading dengan Live Report. Nah, jadi bedanya itu adalah di cara penyampaian aja sebenarnya. Kalau di Newsreading kita membawakan beritanya dengan gaya atau pakaian formal, as if we are in the studio, kalau Live report kita membawakannya dengan lebih santai, karena kita react as if we are in the certain location. mengenai isi sama saja harus mencakup 5W+1H agar mendapat nilai yang bagus dari juri. Okedeh kita lanjut ke tips selanjutnya..

BACA JUGA: CONTOH NASKAH LIVE REPORT NEWS CASTING TERBARU

2. Jangan Salah Kostum
Ada beberapa kompetisi yang mana kita tuh udah tau tema apa yang akan dibawakan pada sesi Live report, nah untuk yang kaya gini kita harus paham masalah gaya berpakaiannya juga ya teman-teman. Jangan sampai kalian melaporkan tentang banjir tetapi dengan gaya busana sangat formal, atau melaporkan pesta tapi dengan baju santai seperti baju Pdh, its totally not suitable ya. Jadi harus pay attention juga nih dengan yang satu ini.

3. Pakai Kutipan Kalau Tidak Ada Yang Diwawancara
Hal selanjutnya yang bisa kita gunakan untuk menguatkan isi Live report kita adalah dengan memasukkan beberapa kutipan atau paling tidak 1 lah. Sebagai contoh, So Michele, we have interviewed Head of National Disaster Mitigation Agency related to this issue, well, he said that..... . Kerena ketika kita melakukan Live report kita tidak hanya menjelaskan situasi sesuai dengan tema apa yang ditentukan, tetapi juga dapat menggambarkan melalui Interview, bisa dengan pemerintah, ataupun pengungsi, warga sekitar lokasi, pengunjung, dan lain sebagainya.


4. Maksimalkan Ekspresi Kita Di Depan Kamera
Ada beberapa orang yang kadang mereka udah menyiapkan konten yang bagus nih buat ditampilkan didepan kamera, tetapi mungkin karena terlalu nervous yang malah membuat mereka lupa bahwa ekspresi itu penting banget. Seperti pengalaman mimin di EIA 2018, yang waktu itu ada salah satu peserta yang lancar banget tapi dia gak ada ekspresinya, sedangkan ada peserta lain yang sempat ngeblank sedikit, tetapi tetap fokus ke kamera dan menunjukkan ekspresi yang bagus. Dan akhirnya tentu peserta tersebut yang masuk ke babak selanjutnya. Jadi pay attention juga ya guys..

5. Jangan Lupa Berdoa
Segala sesuatu yang sudah kita lakukan dengan persiapan yang luar biasa itu akan sia sia kalau kita tidak berdoa kepada Tuhan YME. So, jangan lupa berdoa, minta kelancaran dalam setiap hal yang kita lakukan. Its not about the trophy but the betterment of yourself. Keep practicing, jangan pernah menyerah, karena memang benar kalau tidak ada usaha yang sia - sia.

Oke guys, itulah beberapa tips yang bisa mimin kasih buat kalian yang mau buat teks live report tapi bingung harus gimana. Dan itu berdasarkan pengalaman mimin ya. Semoga bermanfaat. Oya kalau kalian punya pertanyaan lanjutan boleh komen di kolom komentar ya.. 😊😊

SIMAK JUGA: CONTOH OPENING CLOSING NEWS CASTING YANG SIMPLE DAN KEREN ABIZZZ
TIPS MENANG LOMBA NEWSCASTING
GAK NGERTI WEATHER FORECAST? Cek nih: Contoh Script Weather Forecast TERBARU!! Chect it Out!

About the Author

Andi Tri Santoso / Author & Editor

Hi, Thank you for reading this article, I am Andi Tri Santoso, now i am one of the students at Universitas Teknokrat Indonesia majoring in English Literature.

0 komentar: