Pencarian

PENGALAMAN PERTAMA KALI LOMBA NEWSCASTING

Andi Tri Santoso
BLOGGER INDONESIA


Assalamualaikum. Good Morning Everyone. Gimana kabarnya hari ini? masih baik dong ya..
Alright so diedisi kali ini mimin mau sedikit cerita tentang pengalaman pertama mimin mengikuti perlombaan Newscasting. Seperti yang mimin udh pernah janjiin di artikel sebelumnya dan ada yang nanya nih tentang gimana si awal mulanya suka dengan dunia pernewscastingan dan memenangkan perlombaannya. Baik langsung aja ke pembahasan ya..

Once upon a time, waktu itu ketika mimin berada di kelas X SMK. Tidak ada angin tidak ada hujan, tidak juga direncanakan, tiba tiba one of my teacher ask me to join that competition. Namanya Youth Project yang diselenggarain oleh SMA YP UNILA Bandar Lampung. Lomba ini adalah lomba tingkat provinsi yang diikuti oleh SMA sederajat provinsi lampung. Awalnya mungkin mereka melihat kemampuan bahasa inggris mimin lumayan kali ya, terlebih mimin juga aktif di berbagai organisasi sekolah seperti OSIS, Paskibra, dan English Club, padahal mah masih zonk banget waktu itu, ya sampe sekarang pun masih belajar pokoknya.
 -
Setelah mendapat informasi tentang lomba, mulai tuh persiapannya, kalo gasalah kurang dari 1 bulan sebelum kompetisi yang mana latihannya pun kurang Intensif karena keterbatasan waktu dan tutor sih waktu itu kendalanya. Oke lanjut ke hari H kompetisi, mimin deg deg an banget, pokoknya luar biasa dah soalnya ini kan bener - bener pertama kali mimin mengikuti lomba Newscasting yang mana lombanya itu didepan kamera dan harus fokus dititik itu. Kalau sebelumnya mimin pernah ikutan lomba Speech dan Story Telling tingkat sekolah pas SMP, yang alhamdulillah waktu itu si dapet Juara 2 dan Juara 3.

Young beautiful blonde television announcer at studio during live broadcasting.Female TV director at editor in studio.Recording at TV studio with television anchorwoman. TV NEWS studio with camera

Belum Punya Opening Closing News, BACA NIH: CONTOH OPENING CLOSING NEWS CASTING YANG SIMPLE DAN KEREN ABIZZZ

Balik lagi ngomongin lombanya, jadi kita itu disuruh memilih berita yang bener - bener kita gatau itu berita tentang apa dan ditambah gak ada tanda bacanya. Kemudian kita diberikan waktu 1 menit untuk memberikan tanda baca. Nah di momen ini, mimin bener - bener gak tau harus ngapain, karena mimin gak ngerti maksud beritanya itu apaan, ya karena keterbatasan vocab juga sih, hehe.. Setelah itu, baru deh diputer jingle beritanya dan mimin mulai baca, btw waktu mimin ngebaca itu bener - bener ngebaca dan eye contactnya itu kaya cuma 10% ke kamera trus pemenggalan kata - katanya juga kaya salah salah ditambah pronounciation yang amburadul. Waktu itu setelah mimin tampil, mimin sempet berdoa banget semoga dikasih kesempatan sama jurinya untuk lolos ke babak berikutnya. Walaupun gak mungkin sih karena ya tau diri aja hehe..

Btw yang perlu kalian tahu, jadi lomba kali ini itu bener - bener semua peserta bisa nonton peserta lain yang tampil loh, waktu itu juga mimin tampil nomor 7 atau berapa gitu lupa. Nah kebayang dong gimana nervousnya mimin karena when you see other participants yang punya ability di bahasa inggris yang bagus pasti bakal minder dan nge down dong. Tapi ya mimin optimis aja minta di lancarin sama Allah SWT..

Setelah seluruh peserta udah tampil tuh, sekitar 20an lebih participants. Gak lama dari itu pengumuman untuk 10 peserta yang lolos babak selanjutnya, but unfortunately, i can't make it karena kurangnya persiapan sih menurut mimin sama juga because of my english ability that is not good enough.

Mimin sempet drop, I mean kaya sedih gitu and spending time alone for a while after the announcement, abis itu my teacher came to me and try to give me support.

Cuma setelah dari lomba itu, mimin jadi penasaran dengan Newscasting, yang mana mimin belajar trus untuk memperbaiki skill mimin di bidang ini. My first competition was very memorable, because it makes myself to be more open minded dan expanding networking by making friends. Kalian harus tahu, jadi selama mimin SMK, Mimin ikutan 4 lomba itu 2 speech dan 2 newscasting. Yang mana dari semua lomba itu prestasi tertinggi mimin cuma sampai Final doang, means that i never won the competition when i was in Vocational High School 😢😢😢 Sedih banget sebenernya, sempet berfikir untuk gak mau belajar lagi dibidang ini, tapi alhamdulillah when I entered Campus life, I got my first thropy as the 2nd Winner of Newscasting Competition. Dan itu yang membuat mimin trus semangat. Walaupun kita gagal asal kita terus memperbaiki dan gak pernah putus asa, Insyaallah pasti kita bisa meraihnya. Just enjoy the process guys..

Sampai akhirnya, prestasi terbaru mimin di 2020 ini, alhamdulilah bisa mendapatkan penghargaan sebagai Best Live Report di Asian English Olympics 2020 😊😊

Nah itu dia sedikit cerita tentang pengalaman kompetisi mimin di Newscasting. Yang mau share tentang pengalamannya juga boleh banget, silahkan tulis di kolom komentar ya..


SIMAK NIH: TIPS MENANG LOMBA NEWSCASTING CONTOH OPENING CLOSING TALKSHOW YANG BAGUS KUMPULAN BRIDGING SENTENCES WEATHER FORECAST TERBARUUU CONTOH OPENING CLOSING NEWS CASTING YANG SIMPLE DAN KEREN ABIZZZ

About the Author

Andi Tri Santoso / Author & Editor

Hi, Thank you for reading this article, I am Andi Tri Santoso, now i am one of the students at Universitas Teknokrat Indonesia majoring in English Literature.

0 komentar: