Pencarian

[FAKTA MENARIK] Serba-serbi Puasa dan Lebaran di Berbagai Daerah di Indonesia

Andi Tri Santoso
BLOGGER INDONESIA


Kalau dari kemarin kita sudah banyak belajar mengenai pembahasan dalam buku ataupun materi – materi bahasa Inggris lainnya. Nah untuk merefresh pikiran nih, apalagi tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut Hari Raya. Kali ini mimin bakal menyajikan informasi tentang Tradisi unik dari berbagai daerah di Indonesia dalam menyambut Ramadhan dan juga Lebaran.

Bulan ramadhan atau puasa merupakan bulan yang paling di tunggu – tunggu bagi umat muslim diseluruh dunia dan tidak terkecuali di Indonesia. Indonesia sebagai negara yang memiliki keberagaman etnis atau suku dari sabang hingga merauke membuatnya memiliki berbagai tradisi dan cara unik dalam menyambut serta merayakan bulan ramadhan dan lebaran itu sendiri.

Ngomongin tradisi dan juga hal unik mengenai Ramadhan, jadi apa aja sih sebenarnya tradisi unik yang ada di Indonesia? Mari kita simak penjelasannya:

1. Dugderan
Dugderan: Tradisi Khas Semarang Menyambut Ramadan | infobudaya.net
Tradisi ini merupakan tradisi tahunan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dari kota Semarang. Telah dilakukan sejak tahun 1881, membuat acara ini menjadi salah satu acara yang paling ditunggu oleh masyarakat kota Semarang dan juga mengundang wisatawan hadir untuk menikmati rangkaian acara yang disajikan. Selain itu, acara inipun dimeriahkan oleh hadirnya Maskot Dugderan yang bernama Warak Ngendog yaitu maskot berupa kambing dengan kepala naga dan kulit bersisik dari kertas warna – warni juga dilengkapi dengan telur rebus.

2. Ziarah Kubro
Ziarah Kubro Palembang - Page 2
Tradisi yang satu ini merupakan tradisi menyambut Ramadhan yang unik dari kota Palembang yang mana acara ini berupa pawai beriringan ke satu makam ulama menuju makan – makam lainnya dan berakhir di kompleks pemakaman Kesultanan Palembang Darussalam.

3. Nyorog
Tradisi Nyorog – Budaya Menyambut Ramadhan Oleh Masyarakat Betawi
Nah, tradisi kali ini merupakan tradisi unik Ramadhan dari Betawi yang diselenggarakan untuk menyambut bulan Ramadhan. Kegiatannya sendiri adalah membagikan bingkisan ke anggota keluarga atau tetangga dalam menyambut Ramadhan. Biasanya tradisi ini dilakukan oleh orang yang lebih muda ke yang lebih tua yang bertujuan untuk meminta kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan.

4. Bedulang
Kuliner Khas Belitung Makan Bedulang - Paket Wisata Belitung Termurah
Ngomongin tentang lebaran, ada tradisi unik dari Bangka Belitung yaitu tradisi Bedulang. Tradisi ini merupakan tradisi makan bersama yang mana saat menyantap makanan kita tidak boleh menggunakan sendok, jadi harus pakai tangan. Uniknya, ketika kita mencuci tangan sebelum makan, orang yang lebih tua harus lebih dulu dari pada yang muda karena hal ini merupakan bentuk penghormatan dan juga saling menghargai di dalam tradisi Bedulang.

5. Festival Tumbolotohe
1 Juta Lampu Botol Meriahkan Festival Tumbilotohe Gorontalo
Untuk teman – teman yang berdomisili di Gorontalo pasti sudah tidak asing dong dengan festival ini. Festival Tumbilotohe merupakan tradisi dimana warga Gorontalo menyalakan lampu berbahan minyak tanah yang nantinya akan menerangi sepanjang jalan di kota Gorontalo. Tujuannya adalah untuk menerangi jalan agar warga yang hendak membagikan zakat dapat dengan mudah melaluinya. Selain itu, tradisi ini juga biasanya di meriahkan dengan tabuhan bedug dan meriam bambu.

6. Festival Meriam Karbit
Meriam Karbit Si Pengusir Kuntilanak | Good News from Indonesia
Festival ini merupakan salah satu tradisi yang telah lama dilakukan oleh masyarakat Pontianak selama 200 tahun lebih. Di dalam tradisi ini, meriam yang terbuat dari bamboo besar akan diletakkan di pinggir Sungai Kapuas. Selama festival ini, masyarakat akan berkumpul dan menyalakan meriam tersebut untuk menyambut hari kemenangan.

7. Perang Topat
Perang Topat, Tradisi Lebaran Masyarakat Lombok - Sayangi.com
Tradisi ini merupakan tradisi yang berasal dari Lombok yang dilakukan oleh suku Sasak yang bertujuan untuk  mempererat hubungan antar umat beragama di Lombok. Biasanya tradisi ini dilakukan H-6 lebaran yang dimulai dengan mengarak hasil bumi dan dilanjutkan dengan saling lempar ketupat yang dipercaya akan mengabulkan doa dan permohonan mereka.

Itulah beberapa tradisi unik dan menarik dari berbagai daerah di Indonesia dalam menyambut Ramadhan dan juga Lebaran. Nah gimana? Apakah teman – teman sudah pernah merasakan tradisi tersebut?
Atau mungkin boleh deh teman – teman share tradisi unik dari daerah kalian di kolom komentar ya, hehe.. Terimakasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.. 

About the Author

Andi Tri Santoso / Author & Editor

Hi, Thank you for reading this article, I am Andi Tri Santoso, now i am one of the students at Universitas Teknokrat Indonesia majoring in English Literature.

1 komentar:

Dani Wahyu said...

Thanks infonya. Oiya ngomongin Lebaran, ada fakta menarik yang perlu temen-temen tahu. Biasanya, karena berbagai aktivitas yang dilakukan, pengeluaran akan menjadi bengkak setelah menjalani momen bahagia tersebut. Tapi tenang, selalu ada solusi di tiap permasalahan. Simak langsung di sini ya: Keuangan berantakan usai Lebaran? Ini cara mengatasinya!